Pangkalan TNI AL Simeulue Melaksanakan Kegiatan PLS Tahun Ajaran 2019 di Kab.Simeulue dan 3 Kabupaten NAD Lainnya

by -89 x dilihat
Bagikan :

 

BORGOLNEWS.COM – SIMEULUE – Pemasangan banner dan baleho bertuliskan ucapan “Selamat Datang Para Siswa dan Siswi Peserta Didik Tahun Ajaran 2019”, hampir ada di setiap sekolah di seluruh Indonesia. Pemandangan seperti ini sebenarnya sudah bukan hal yang asing lagi di tempat-tempat pendidikan dan sekolah pada setiap tahun ajaran baru baik tingkat SD, SMP, SMU maupun SMK. Selasa, (16/7).

Kini Pemerintah telah menetapkan dimulainya tahun ajaran baru tahun ini dimulai serentak di seluruh Indonesia yaitu pada hari Senin tanggal 15 Juli 2019.

Kegiatan hari pertama masuk sekolah biasanya digunakan pihak sekolah untuk melaksanakan masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) untuk para peserta didik baru, agar mereka para siswa dan siswi yang baru masuk mengenal dan memahami seluruh isi lingkungan sekolah serta peraturan-peraturan yang harus mereka taati saat mengikuti pendidikan nanti.

Begitu juga situasi sekolah-sekolah yang berada di Kab. Simeulue, Kab. Aceh Singkil, Kab. Aceh Selatan dan Kab. Aceh Barat Daya yang berada wilayah kerja Lanal Simeulue juga melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Namun kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah tahun ini sedikit berbeda karena ada penambahan materi yaitu, Wawasan kebangsaan, Bela negara, Peraturan baris berbaris (PBB) dan Tata upacara bendera.

Materi-materi tersebut disiapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Provinsi, namun Tenaga Pendidiknya dari personel TNI di wilayah masing-masing.

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Semeulue tidak ketinggalan ikut mendukung kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dengan mengirimkan Tenaga Pendidiknya ke sekolah-sekolah yang berada di wilayah kerjanya.

Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue, Letkol Marinir Wempi, M. Tr. Hanla., M.M. mengatakan kegiatan pemberian bantuan Tenaga Pendidik (Gadik) kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di wilayah kerja Lanal Simeulue yaitu Kab. Simeulue, Kab. Aceh Singkil, Kab. Aceh Selatan dan Kab. Aceh Barat Daya akan dilaksanakan selama 2 hari kedepan.

Pada kesempatan yang sama Danlanal Simeulue juga menyampaikan bahwa Peran, Tugas dan Fungsi TNI sesuai dengan Undang-Undang TNI nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, Salah satu tugas TNI adalah “Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara”.

Saat ini kita melihat begitu cepatnya perkembangan teknologi dan informasi di dunia. Bangsa Indonesia tidak bisa mengelak dan menghindarinya, namun kita harus mengantisipasi adanya ancaman yang ditimbulkan dari pesatnya perkembangan teknologi informasi tersebut, karena pada hakekatnya ancaman memiliki empat dimensi utama yaitu, Dimensi Politik, Dimensi Sosial, Dimensi Ekonomi dan Dimensi Moral yang dapat menggangu dan mengancam keutuhan bangsa dan negara yang kita cintai bersama.

Personel TNI dari Pangkalan TNI AL Simeulue hadir ke sekolah-sekolah untuk memberikan pembekalan wawasan kebangsaan dan bela negara sebagai upaya pencegahan merosotnya moral generasi muda bangsa agar tidak terpengaruh dengan budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia yang ramah tamah, saling menghargai sesama, suka bekerja keras dan suka bergotong royong.

Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) tahun 2019 di sekolah wilayah kerja Lanal Simeulue dimulai hari Selasa sampai dengan Rabu tanggal 16-17 Juli 2019 di 4 Kabupaten sebagai berikut.

Kabupaten Simeulue,
SMAN 1 Sinabang jumlah peserta 127 orang, SMAN 2 Sinabang jumlah peserta 120 orang, SMKN 3 Sinabang jumlah peserta 98 orang, SMPN 1 Sinabang jumlah peserta 65 orang, SMPN 2 Sinabang jumlah peserta 120 orang, SMUN 1 Teupah Selatan Jumlah peserta 44 orang, SMUN 1 Simeulue Tengah jumlah peserta 44 orang.

Kabupaten Aceh Singkil,
MAN Singkil Jumlah peserta 180 orang.

Kabupaten Aceh Selatan,
SMPN 1 P. Banyak Jumlah peserta 48 orang, SMK Kelautan dan Perilanan Aceh Selatan jumlah peserta 130 orang.

Kabupaten Aceh Barat Daya,
SMPN 1 Susoh Abdya Jumlah peserta 28 orang. (Firman)

Pen Lanal Simeulue.

Editor Suriani Siboro

Print Friendly, PDF & Email