KPU Bengkalis Mengumumkan Syarat Bakal Calon Independen Atau Perseorangan Untuk Pilkada 2020

by -294 views
Bagikan :

BORGOLNEWS.COMBENGKALIS/RIAU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis melakukan Sosialisasi Tahapan pencalonan Bupati dan Wakil Bupati pada pemilu tahun 2020 yang di senggarakan di Aula KPU Bengkalis jalan pertanian, Senin (13/01/20).

Sosialisasi Tahapan pencalonan Bupati dan Wakil Bupati 2020 itu di sampaikan oleh divisi Teknis dan Humas, Elmiawati Safarina S.p.d.I dan di dampingi divisi Hukum dan penrencaan, Safroni, serta ketua divisi Perencanaan data dan informasi Anggi Ramadhan s, Sistim Informasi Pencalonan Pemilu, Sujonto.

Hadir pada sosialisasi tersebut, Bawaslu Bengkalis, Kesbangpol, Polres Bengkalis. Kodim 0303, Ormas dan perwakilan mahasiswa se Bengkalis namun perwakilan perseroan sebagai kontestan yang seharusnya hadir tak satupun terlihat memenuhi undangan yang dilayangkan KPU Bengkalis.

Saat diwawancarai media ini Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Devisi Teknis dan Humas Kabupaten Bengkalis, Elmiwati Safarina, S.Pd.I, mengatakan, beberapa waktu lalu, KPU setempat telah menetapkan jumlah dukungan perseorangan melalui jalur perseorangan yang akan maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

” Kita menyayangkan perwakilan perseorangan tak satupun hadir di sosialisasi ini, tanggal 15 Januari ini akan melaksanakan Bimtek Silon (Seleksi Calon) Offline. Ada 3 balon perseorangan yang telah menghubungi 2 yang intens,” Kata Elsa.

Elsa juga menambahkan bahwa Format surat dukungan pasangan calon perseorangan dalam surat dukungan harus disertakan fotocopy KTP-el pendukung yang bersangkutan dengan mengumpulkan suara dukungan dalam bentuk fotocopy KTP atau Surat Keterangan (Suket) yang telah ditentukan.

“Kami telah mengumumkan bagi pasangan perseorangan wajib mengumpulkan KTP Elektronik atau Surat Keterangan (Suket) dari Dukcapil, untuk memenuhi dukungan 32.805 dukungan KTP atau Suket,” ungkapnya.

Diharapkan setiap LO (Liaison Officer atau penghubung) pasangan perseorangan bisa datang ke KPU Kabupaten Bengkalis untuk mendapatkan Bimtek pengoperasian Silon Offline.” Kata Elsa.

Kemudian, Sujanto Koordinator Silon (Sistim Informasi Pencalonan Pemilu) KPU Kabupaten Bengkalis menjelaskan penetapan jumlah dukungan perseorangan sebanyak 32.805 itu tersebar 50 persen dari 11 Kecamatan, Kabupaten Bengkalis.

“Tahapan Pemilu ini sudah jalan dan penyerahan dukungan perseorangan akan dilakukan pada 19 sampai 23 Februari 2020 di kabupaten Bengkalis,” jelasnya.

Sementara untuk pendaftarannya akan mulai dilakukan pada bulan April 2020, sementara untuk perseorangan mendahului dengan menyerahkan dukungan KTP-el.

“Sebelumnya memang sempat pendaftaran bersamaan perseorangan dan partai, namun sekarang perseorangan mendahului, setelah KPU verifikasi, selanjutnya itu mendaftar lagi dengan partai dan perseorangan,” ujarnya.

Sedangkan untuk sosialisasi ke masyarakat, KPU sudah melakukannya, diupayakan ke depan akan sosialisasi untuk masyarakat agar bisa memahaminya. (Del)

 

Editor, Suriani Siboro

Print Friendly, PDF & Email