Kapolri,Apresiasi Polda Riau Dalam Aplikasi Menaggulani Karhutla

by -41 views
Bagikan :

BORGOLNEWS.COM – PEKANBARU/RIAU – Sekian lama Riau mengalamai rawan kebakaran hutan akibat musim panas yang berkepanjangan,dan dibuktikan dengan berdasarkan informasi BMKG diketahui memasuki bulan Februari 2020 ini akan tiba musim kemarau panjang di Provinsi Riau, yang sangat rentan dengan kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla ) sebagaimana pada tahun-tahun lalu yang sudah terjadi,

Tiga tahun terakhir Riau mengalami karhutla yang sangat parah, puncaknya adalah tahun 2019 lalu, dimana jarak pandang mencapai keadaan terburuk, yakni 100 meter, akibat ketebalan asap yang mengandung partikel-partikel akibat karhutla, serta menelan korban penyakit ispa dan paru-paru dengan jumlah ribuan orang di Riau.

Hal ini menjadi catatan penting bagi kapolda Riau dan stekholder lainya dalam mempersiapkan strategi penanganan karhutla Riau tahun 2020, yang telah memasuki fase cuaca panas, yang menjadi awal terjadinya karhutla.

Dari pemaparan Kapolda Riau, Irjen Pol. Agung Setya Emam Effendi, SH., SIK., MSI dihadapan Kapolri Jenderal Idham Azis, dan Panglima TNI, serta Gubernur Riau dan seluruh Forkompinda, Agung  memaparkan bahwa Polda Riau membangun sinergi dengan masyarakat Riau terkait penanganan karhutla.

Sinergi ini menurut Agung, utamanya adalah memadukan sistem. Polda Riau membangun aplikasi dashboard Lancang Kuning ini dengan tujuan bisa menentukan langkah kongkrit yang sama, Dashboard lancang kuning ini bisa menentukan titik api sehingga kita bersama sama memobilisasi orang di lapangan termasuk mobilisasi personil Polri yang terlihat di lokasi melalui no HP nya yang terpantau melalui Dasboard Lancang Kuning.

Dashboard ini akan memberi tahu dimana ada titik api (Hotspot), memberikan info dari lahan gambut, juga menentukan apabila ada titik api diatasnya. Termasuk melihat di titik api mana dan pemilik lahannya siapa.

Atas paparan itu Kapolri Idham Aziz mengatakan bahwa sangat mengapresiasi kinerja Polda Riau dengan aplikasi ini. Saat itu juga Idham Aziz langsung memerintahkan Asops Kapolri supaya 13 Polda lain yang rawan karhutla untuk meniru dan mengikuti inovasi yang dilakukan Polda Riau.(red)

 

Editor,Suriani Siboro

Print Friendly, PDF & Email